Berita

Kader Kesehatan Remaja

Berita Kegiatan Dibaca: 972 Kali

KADER KESEHATAN REMAJA

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan melakukan Kegiatan Uji Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Kompetensi Kader Kesehatan Remaja dalam hal ini di kenal dengan nama Saka Bakti Husada (SBH) pada hari Senin s.d Selasa, 18 s.d 19 Desember 2017 di Bumi Perkemahan Kampung Rimba – Cisarua – Bogor dengan tema “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Bhaktikan” Motto “Jales Veva Jaya Mahe”.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh siswa/i SMA/SMK/Negeri/Swasta sederajat dan pengelola program Kader Kesehatan Remaja di Dinas Kesehatan Kota Tangerang yang dibentuk dalam 6 Krida dan 31 Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu :

1. Krida Bina Keluarga Sehat

2. Krida Bina Lingkungan Sehat

3. Krida Bina Obat

4. Krida Bina Gizi

5. Krida Penanggulangan Penyakit Menular (P2M)

6. Krida Bina Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)


Adapun Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang ada di Kader Kesehatan Remaja (SBH) Dinas Kesehatan Kota Tangerang yaitu :


1. SKK Penyehatan Perumahan

2. SKK Penyehatan Makanan & Minuman

3. SKK Pengamanan Pestisida

4. SKK Pengawasan Kualitas Air

5. SKK Penyehatan Air

6. SKK Kesehatan Ibu

7. SKK Kesehatan Anak

8. SKK Kesehatan Remaja

9. SKK Kesehatan Usia Lanjut

10. SKK Kesehatan Gigi & Mulut

11. SKK Kesehatan Jiwa

12. SKK Perencanaan Menu

13. SKK Dapur Umum Makanan / Darurat

14. SKK UPGK dalam Posyandu

15. SKK Penyuluhan Gizi

16. SKK Mengenal Keadaan Gizi

17. SKK Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah

18. SKK Penanggulangan Penyakit Diare

19. SKK Penanggulangan Penyakit TB Paru

20. SKK Immunisasi

21. SKK Gawat Darurat

22. SKK HIV/ AIDS

23. SKK Pemahaman Obat

24. SKK Taman Obat Keluarga (TOGA)

25. SKK Pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan zat adiktif

26. SKK Bahan berbahaya bagi kesehatan

27. SKK Pembinaan Kosmetik

28. SKK Bina PHBS di Rumah

29. SKK Bina PHBS di Sekolah

30. SKK Bina PHBS di Tempat umum

31. SKK Bina PHBS di Tempat kerja

Read more

Gebyar Kesehatan Remaja

Berita Kegiatan Dibaca: 1050 Kali

KADER KESEHATAN REMAJA

Dinas Kesehatan Kota Tangerang melalui Bidang Kesehatan Masyarakat melakukan Kegiatan Gebyar Kesehatan Remaja dengan tema “Menuju Masa Muda Sehat, Generasi Kuat” yang dibuka langsung oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah pada hari ini Rabu, 13 Desember 2017 bertempat di GOR Larangan Kota Tangerang. Dalam sambutannya Beliau menyinggung betapa pentingnya peran remaja sebagai generasi penerus dalam pembangunan karakter bangsa. Remaja adalah cikal bakal pembangunan, khususnya sektor kesehatan, perilaku hidup sehat dalam bermasyarakat, dengan remaja yang sehat dan kuat kedepan diharapkan mampu membangun Kota Tangerang yang lebih maju, berkembang dan terus berinovasi.

Para peserta kegiatan ini dihadiri oleh siswa/i SMU/SMK sederajat dan pengelola program PKPR di Kota Tangerang. Pemerintah Kota Tangerang dalam rangka menunjang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada kelompok usia remaja melalui kegiatan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Remaja di Dinas Kesehatan Kota Tangerang berharap remaja dengan fasilitas dan teknologi saat ini mampu dan bersedia dengan penuh kesadaran menjadi role model Kesehatan bagi lingkungannya. Usia remaja adalah masa dimana karakter dan identitas diri mulai dibentuk dan ditempa, diharapkan kegiatan-kegiatan yang positif, kreatif dan inovatif menjadi wadah bagi mereka dalam mencari dan menemukan jati diri. Salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap remaja, melalui Kementrian Kesehatan menggalakkan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).

Kegiatan Gebyar Kesehatan Remaja ini bertujuan memberikan ilmu dan mengenal proses kreatif remaja dalam kehidupan sehari-hari, berinteraksi dan meningkatkan kemampuan diri dalam segala aspek kehidupan. Khususnya dalam pembangunan sektor kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggandeng para remajanya untuk selalu hidup sehat, baik dari segi fisik, psikologi, sosial, dan spiritual. Dengan demikian diharapkan kedepan Kota Tangerang memiliki generasi yang sehat, produktif, dan kreatif.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan launching Website Resmi Konten Remaja “SEVENTEEN”(Seputar Venomena Terkait Permasalahan Remaja Terkini) salah satu bentuk inovasi Dinas Kesehatan Kota Tangerang dalam merangkul teman-teman remaja untuk pro aktif ikut bepartisipasi dalam mengenal permasalahan-permasalahan remaja, mendapatkan informasi seputar remaja, serta konsultasi melalui chat. Situs ini bisa diakses melalui website http://seventeen.tangerangkota.go.id .

Read more

Kategori
Latest Posts
Social Media