Berita

PELATIHAN KONSELOR REMAJA TINGKAT SLTP ANGKATAN II

Berita Kegiatan Dibaca: 381 Kali

KADER KESEHATAN REMAJA

Pelaksanaan Pelatihan Konselor Tingkat SLTP dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi menjadi konselor sebaya (peer Group), sebagai tempat curhat dan sumber informasi yang tepat dan benar sehingga dapat membantu remaja untuk mengembangkan pribadi yang lebih sehat, mandiri dan dapat mencegah pengaruh lingkungan yang negatif. Setelah mengikuti pelatihan Peer Konselor Tingkat SLTP, peserta mampu melaksanakan peran dan fungsinya sebagai konselor sebaya. Konselor sebaya juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang kesehatan remaja secukupnya dan pengetahuan dasar tentang konseling sederhana agar dapat melaksanakan perannya sebagai “konselor” atau tempat curahan hati (curhat) teman sebaya (peer) terkait masalah kesehatan remaja. Sekaligus menjembatani antara remaja dengan petugas pelayanan kesehatan peduli remaja dalam hal penemuan kasus dini dan merujuk pada fasilitas kesehatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat drg. Televisianingsih Dwi Kentjana, MKM dan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari SLTP se Kota Tangerang. dr. Jasni Ichsan Solichin ketua komite medik RSJ Darmawangsa bertindak sebagai narasumber yang membagikan banyak pengalaman dalam menangani kasus remaja.

Read more

Fobia Sosial

Berita Kegiatan Dibaca: 685 Kali

KADER KESEHATAN REMAJA

Fobia Sosial-Social Anxiety Disorder (SAD) atau yang lebih dikenal dengan phobia sosial adalah sebuah gangguan rasa kecemasan berlebihan yang terjadi pada penderita saat mereka sedang sedang dalam lingkungan sosial. Hal ini membuat penderita mengalami rasa gugup, grogi, dan tangan gemetaran yang akhirnya berkakibat buruk terhadap kehidupan bersosial mereka.

Sudah menjadi kodrat manusia sebagai makhluk sosial untuk harus bersosialisasi dengan orang lain, karena didunia ini tidak ada satupun manusia yang dapat hidup sendirian. Itulah mengapa orang yang mengalami fobia sosial akan sangat dirugikan dalam kehidupan sosialnya karena fobia keramaian mereka.

Tapi bagi Anda yang merasa menderita phobia sosial tidak perlu khawatir. Karena tim dari terapipsikologi.com akan membahas secara lengkap fobia sosial ini, mulai dari penyebab, ciri ciri, hingga cara menyembuhkan phobia sosial. Simak saja selengkapnya dibawah ini.

• Penyebab Phobia Sosial

Perlu Anda semua ketahui phobia sosial sangatlah berbeda denan anti sosial, dimana anti sosial merupakan masalah sosial orang yang suka dunianya sendiri, sedangkan fobia sosial adalah masalah sosial pada orang yang mengalami rasa cemas berlebihan pada sosialisasi dengan orang lain. Sementara itu faktor penyebab phobia sosial itu pun bermacam-macam berbeda jua dengan anti sosial. Untuk lebih jelasnya simak faktor penyebab fobia sosial menurut para ahli berikut ini.

1. Psikologis Kejiwaan

Penyebab utama phobia sosial tentunya adalah kondisi psikologis kejiwaan penderita. Orang yang mengalami fobia sosial biasanya adalah orang yang merasa dirinya rendah, tidak percaya diri, bermental lemah, dan takut akan penolakan terhadap dirinya sendiri.

2. Genetik

Orang yang menderita phobia sosial juga dapat disebabkan oleh genetic yang didapat dari keluarganya. Sebuah penilitan di Shanghai, Cina, mengemukakan bahwa keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat fobia sosial memiliki presentase besar mengidap fobia sosial juga. Hal ini diakibatkan oleh tidak stabilnya hormon 5-hidroxytryptamine, hormon yang bertugas untuk menyampaikan informasi ke sel-sel otak.

3. Trauma Masa Lalu

Ada juga penyebab fobia sosial lainnya yaitu trauma masa lalu yang sangat membekas di pikiran. Pada penderita fobia sosial ini biasanya terjadi akibat suatu kejadian tidak mengenakkan pada kehidupan sosial dimasa lalunya, yang akhirnya memberi luka pada hati dan pikirannya. Luka ini kemudian membuat mereka merasa was-was dan takut saat akan bersosialisasi dengan orang lain.

?

4. Karakter dan Pribadi Masing Masing Orang

Penyebab phobia sosial yang terkahir sebenarnya bukan disebabkan oleh psikologis, gen, maupun trauma. Tapi memang karena hal tersebut merupakan karakter dan pribadi orang tersebut. Ada orang yang memang suka bersosialisasi dengan orang lain, tetapi ada juga orang yang merasa takut bersosialisasi dengan orang lain, contohnya introvert.

• Ciri Ciri Phobia Sosial

Tanda, gejala, dan ciri fobia sosial tiap orang itu berbeda, tergantung keadaan pada diri mereka. Ada penderita yang mengalami gejala fobia sosial pada masa kanak-kanak, ada juga penderita yang mengalaminya pada masa remaja. Bila Anda ingin memastikannya, simak saja tanda, gejala, ciri phobia sosial berikut ini.

1. Tubuh gemetar berlebihan, terutama pada tangan dan kaki,

2. Perubahan kulit yang merona/memerah saat berosialisasi,

3. Munculnya keringat berlebihan (hiperhidrosis),

4. Bicara yang terlalu cepat, terbata-bata, hingga gagap,

5. Kecemasan berbicara di depan umum,

6. Mengalami gangguan serangan panic berlebihan.

Jika Anda merasa mengalami beberapa gejala phobia sosial diatas, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog agar bisa didiagnosis lebih lanjut. Karena melakukan pengobatan terhadap phobia sosial secara dini akan lebih efektif.

• Cara menyembuhkan Fobia Sosial

Phobia sosial merupakan gangguan mental atau termasuk dalam gangguan psikologis, jadi cara yang efektif untuk menyembuhkan phobia sosial dengan melakukan terapi phobia sossial. Obat phobia sosial dengan terapi yang dapat Adna gunakan adalah Terapi Anti Social.

Terapi merupakan suatu bentuk penerapan teknik pengobatan, penyembuhan dan penanganan berbagai masalah oleh para ahli dengan memanfaatkan alam bawah sadar Anda untuk menemukan dan melepaskan akar penyebab masalah yang Anda hadapi. Saat Anda melakukan terapi, Anda akan dibawa masuk menuju kondisi trance dan melakukan visualisasi yang digunakan untuk bersantai yang akan memandu Anda untuk mengenali hal positif dan kemampuan Anda dalam diri Anda.

Terapi Anti Sosial merupakan sebuah metode terapi dengan menggunakan visualisasi diri yang digunakan untuk mengatasi masalah phobia sosial yang saat ini sedang Anda hadapi. Orang yang mendengarkan CD Terapi ini, akan mendapatkan sugesti ke pikiran alam bawah sadar mereka untuk tidak takut dan tenang saat bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini akan membuat Anda dapat menyembuhkan phobia sosial dengan mudah. Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan klik Terapi Anti Sosial. .

Sumber : terapipsikologi.com

Read more

Kategori
Latest Posts
Social Media